Home » , » Membuat Contact Form Dengan HTML dan PHP

Membuat Contact Form Dengan HTML dan PHP

Written By Eko Priyanto on Minggu, 13 April 2008 | Minggu, April 13, 2008

DI dalam setiap website pasti membutuhkan web form di salah satu halamannya. halaman itu mungkin saja contact form di dalam contact page, (ngomong2, membuat contact form daripada menuliskan email address adalah ide yang bagus, sebab dapat mengurangi SPAM), survey, halaman order, dll.

Biasanya membuat form sangatlah mudah dengan menggunakan Dreamweaver atau software website yang sejenisnya, tetapi membuatnya membutuhkan sedikit pengetahuan ttg php atau bahasa server-side scripting lainnya untuk memproses pengiriman dan melakukan sesuatu dengan data yg dikirim.

Salah satu cara termudah membuat web form adalah dengan menggunakan online service yang menawarkan pembuatan web dan html form.

Misalnya, “Email Me Form” adalah web service gratisan yang dapat digunakan untuk membuat web form dengan beberapa menit tanpa harus mengerti dan memahami html atau php. dengan wizardnya dia akan membantu anda setahap demi setahap dan pada akhirnya anda akan mendapatkan html sourcecode yang sederhana yang gunanya untuk dikopi paste pada website anda, dan web form akan ada disana bekerja tanpa batas waktu, mengirimkan email kepada anda setiap ada yang submit.

keuntungannya menggunakan online web service untuk membuat form adalah mereka biasanya menawarkan fitur yang sangat sulit untuk diimplementasikan seperti misalkan “captcha” yang digunakan untuk menyetopkan bot di internet yang melakukan submit otomatis dengan data-data sampah, statistik, dan masih banyak lainnya.

cara lainnya adalah dengan mempekerjakan php programmer atau belajar sendiri php sehingga anda dapat membuatnya sendiri. Intinya adalah, setiap input di dalam form memiliki nama, dan dengan php anda dapat mengambil isi dari input box tersebut untuk disubmit, jangan lupa untuk validasi isi dari hasil input user dan kirimlah ke email anda dengan menggunakan perintah mail() pada php.
Share this article :

2 Your Comment :

  1. mas mau tanya, kalo sudah bikin contac form dengan html lalu apakah bisa di arahkan ke e-mail kita (yang gratisan tentunya mas, seperti g-mail, atau yahoo mail)

    BalasHapus

News & Updates

Baca PostingBaca update terbaru via RSS FEED
Baca Lewat e-mailPengertian RSS FEED?

Daftarkan E-Mail Anda untuk Update terbaru Eko Priyanto Weblog's Serta Tips & Trick Web Design!

Follower

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Eko Priyanto Weblog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger